Sekilas Tentang Kota Medan

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia dan merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, serta Danau Toba di Parapat.

Untuk menuju Medan dapat ditempuh perjalanan dengan darat, laut, dan udara. Terdapat 4 (empat) pintu kedatangan ke Kota Medan, yaitu :

1. Terminal Pinang Baris dan Terminal Amplas
Terminal Pinang Baris merupakan terminal khusus menampung bus-bus antar provinsi dan dalam provinsi yang masuk ke Kota Medan dari sebelah barat dalam hal ini terutama bus-bus dari Aceh. Serdangkan Terminal Amplas merupakan melayani bus-bus antar provinsi maupun dalam provinsi yang datang dari arah selatan Kota Medan. Bus-bus di terminal ini terutama melayani trayek antar provinsi tujuan Riau, Sumbar, Jambi, Sumsel, Lampung dan Jakarta via Selat Sunda.

2. Stasiun Besar Kota Medan

Stasiun yang terletak di depan Lapangan Merdeka ini menghubungkan kota Medan dengan berbagai kota di Sumatera Utara, diantaranya Belawan, Binjai, Tebing Tinggi, Kisaran, Tanjung Balai, Siantar dan Rantau Prapat.

3. Pelabuhan Belawan


Pelabuhan Belawan terletak sekitar 20 km di utara kota Medan. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan Indonesia tersibuk di luar pulau Jawa. Layanan kapal feri menghubungkan Belawan dengan Penang, Malaysia.

4. Bandar Udara Internasional Polonia ( Sudah di Ganti Jadi Pangkalan Udara Soewondo)

Bandar Udara Internasional Polonia yang terletak tepat di jantung kota, menghubungkan Medan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Batam, Jakarta, Gunung Sitoli serta Kuala Lumpur, Penang di Malaysia, dan Singapura. Tetapi Sekarang Kota Medan Sudah Memiliki bandara Baru Bandara Internasional baru di Kuala Namu, Kabupaten deli Serdang

Disamping sebagai kota metropolitan, Kota Medan juga memiliki beberapa bangunan dan tujuan wisata yang menjadi ikon kota ini, diantaranya :

1. Istana Maimun


Istana Maimun adalah salah satu dari ikon kota Medan yang terletak di pusat kota yaitu di Jalan Katamso. Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

2. Masjid Raya Medan


Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Ma'shun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan berdekatan dengan Istana Maimun. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.

3. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi merupakan salah satu ikon kota Medan yang terletak di Jalan Ssisingamangaraja. Bangunan ini berada di Kantor PDAM Tirtanadi Medan.

4. Merdeka Walk

Sebuah pusat jajanan malam yang fantastik dihiasi lampu-lampu hias yang semarak penuh dengan nuansa kuning Melayu, terletak di Lapangan Merdeka dikenal dengan Merdeka Walk. Memiliki area cukup luas dibawah pohon-pohon rindang. Kita dapat menikmati bangunan bersejarah dengan keindahan arsitekturnya, ketika kita menikmati makan malam di tempat ini.

5. Taman Buaya Asam Kumbang Medan

Taman Buaya Asam Kumbang merupakan taman penangkaran reptil buaya terbesar di Indonesia.Taman yang memiliki luas dua hektar ini bahkan menjadi taman buaya terbesar di Asia Tenggara.Di sini ada sekitar dua ribu lima ratus buaya dengan berbagai ukuran, termasuk buaya yang telah berumur empat puluh tahun lebih.

6.Vihara Matreya Medan

Maha Vihara Maitreya memiliki lahan seluas 4,5 hektar. Vihara ini dibangun pada tahun 1991, di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jl Boulevard Utara, Medan. Sesuai dengan namanya, Maitreya, Vihara ini memang sangat kental dengan ajaran Buddha Maitreya yang mengajarkan cinta kasih semesta.
Dan Masih Banyak tempat Lainya.

Untuk Jasa Sewa Transport di Medan,Voucher Hotel di Medan Dan Paket Tour di Medan Jangan Segan Info kami
Tel /Sms /Wa : 0812 6433 2925
Email : travelingsumatera@gmail.com

0 Komentar